Gallery Photo

Photo Album Kegiatan


MusicPlaylist
Music Playlist at MixPod.com

MENSOS : "Penanganan Bencana Di Banten Bisa Jadi Contoh Bagi Provinsi Lain"

"Provinsi Banten bisa jadi contoh keseriusan penanggulangan bencana yang koordinatif antara pemprov, pemkab dan pemkotnya" demikian dinyatakan Menteri Sosial RI Bachtiar Chamsyah saat Apel Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pantai Karang Suraga - Anyer, Rabu (12/12).

Mensos juga menyarankan kepada Gubernur Banten untuk menyusun kontingensi bencana meliputi strategi penanggulangan kebencanaan secara komprehensif.

Menurut Bachtir Chamsyah, kegiatan simulasi bencana dan apel siaga bencana yang melibatkan Pemprov Banten, pemkab dan pemkotnya patut dijadikan contoh oleh provinsi-provinsi lain, mengingat Provinsi Banten telah secara sinergis dan berkoordinasi dengan kab/kotanya dalam penanggulangan bencana dan telah pula mengalokasikan dana penanggulangan bencana yang cukup dalam APBD-nya .

Gubernur, bupati dan walikota diinstruksikan juga oleh Menteri Sosial untuk menyusun kontingensi bencana yang sifatnya penanggulangan bencana yang koordinatif dan komprehensif termasuk mitigasi bencana.

Taruna Siaga Bencana (Tagana) adalah unsur penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat.
Menurut Bachtiar Chamsyah, perda-perda provinsi di beberapa tempat di Indonesia masih kurang serius dalam mengantisipasi bencana hal ini diperihatkan dengan kurangnya koordinatif dan minimnya anggaran dalam APBD mereka, terkecuali di Banten yang sudah mengalokasikan anggaran APBD yang pantas di kab/kota. Namun ada beberapa kendala nomen klatur penanganan bencana di beberapa daerah masih beragam, atau ada beberapa SKPD yang terlibat langsung menangani bencana.

Lebih lanjut Bachtiar Chamsyah mengungkapkan bahwa masih ada paradigma bahwa penanganan bencana masih merupakan urusan pemerintah pusat padahal dengan semangat otonomi daerah sebenarnya harus diurus oleh masing-masing daerahnya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Inilah.com - Politik

detikBandung - detikBandung

SEKRETARIAT :

Pondok Maharta Blok. E-2/no.12 , Perum. Pondok Maharta
Pondok Kacang Timur, Pondok Aren - TANGERANG SELATAN.







Get cash from your website. Sign up as affiliate.





CO.CC:Free Domain




Get paid To Promote at any Location